Jerawat dikenal sebagai salah satu masalah kulit yang sering muncul di wajah, leher, hingga punggung. Jerawat seringkali diidentikkan dengan masa remaja atau masa pubertas yang mana perubahan hormonal sedang terjadi. Meskipun faktanya jerawat tidak hanya dialami oleh remaja saja. Orang dewasapun bisa mengalami jerawat, terlebih jika memiliki jenis kulit berminyak. 

Jerawat seringkali menimbulkan rasa gatal, hingga perih. Tak jarang orang akan memencet jerawatnya meski hal tersebut tidak sebaiknya dilakukan karena akan memperburuk kondisi jerawat.

Menurut definisi, jerawat merupakan peradangan kronis yang disebabkan oleh penyumbatan di akar rambut oleh minyak dan kulit mati. Melansir dari penjelasan Dr. Dhelya, jenis jerawat dapat berupa komedo (blackhead dan whitehead), pustula, papula, nodul, dan kistik. 

Beberapa jerawat ada yang muncul hanya saat terjadi perubahan hormon seperti sesaat sebelum menstruasi pada wanita. Namun ada juga beberapa penyebab lain munculnya jerawat seperti sebagai berikut:

  1. Produksi sebum yang berlebih.
  2. Kulit mati yang menyumbat pori-pori.
  3. Bertambahnya bakteri P Acnes (bakteri penyebab jerawat).
  4. Proses inflamasi atau peradangan.
  5. Stres. 
  6. Faktor genetik.

Hal-hal yang sebaiknya dihindari saat berjerawat antara lain:

  • Hindari memencet jerawat agar tidak semakin meradang dan bertambah banyak.
  • Hindari memakai makeup saat berjerawat dan rutin membersihkan alat makeup.
  • Gunakan skincare atau produk makeup yang non comedogenic.
  • Menjaga kebersihan wajah dengan cara double cleansing.

Mengenali jenis jerawat yang sedang dialami akan memudahkan proses pengobatan. Pengobatan untuk jerawat bisa bermacam-macam tergantung pada tingkat keparahan dan jenis jerawat yang diderita. Biasanya pengobatan jerawat bertujuan untuk mengurangi produksi minyak berlebih, mengurangi peradangan, melawan infeksi bakteri penyebab jerawat. 

Akan lebih baik jika segera berkonsultasi dengan dokter ahli jika jerawat tak kunjung hilang dalam waktu yang cukup lama. Penanganan jerawat biasanya menggunakan obat-obatan khusus dengan pengawasan dokter. Semakin cepat ditangani maka semakin cepat pula jerawat teratasi.

1 Comment

  • garnis
    Posted 14 December 2023 08:31 0Likes

    Jadi memang untuk mengobati jerawat itu ga boleh sembarangan ya dok. harus konsultasi juga sama dokter spesialis kulit. terimakasih dokter untuk ilmu nya, jadi tahu sedikit banyak tentang jerawat nih

Leave a comment